Tanda-tanda Awal Penyakit Gagal Ginjal Ini Patut Waspada

Tanda-tanda Awal Penyakit Gagal Ginjal Ini Patut Waspada

Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin,ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Cabang dari kedokteran yang mempelajariginjal dan penyakitnya disebut nefrologi.

Hampir semua penyakit sebelum sampai ke fase parah maka sebelumnya sudah menunjukkan tanda awal atau gejala awal. Termasuk juga penyakit gagal ginjal yang kerap tidak disadari kemunculannya dan terlambat ditangani. Jika sudah parah, tentu pengobatannya akan lebih rumit dan mahal serta menyita waktu serta tenaga.

Agar tidak sampai terlambat diobati, waspadai tanda awal penyakit gagal ginjal berikut ini yuk. Dilansir laman Boldsky, ini gejala awal penyakit gagal ginjal:

  1. Sering lelah. Anda akan lebih cepat merasa lelah, lemah, dan tak berenergi. Ini karena fungsi pembersihan darah tidak maksimal, darah menjadi kotor dan pengolahan energi dari makanan tidak maksimal. Anda juga bisa mengalami anemia.
  2. Kram otot. Otot termasuk organ tubuh yang merasakan kurangnya elektrolit dan energi akibat tidak maksimalnya kerja ginjal. Hasilnya, otot kerap mengalami kram dan sakit. Kadar kalsium dan fosfor yang rendah juga jadi penyebabnya.
  3. Urine berbusa. Saat kencing maka terlihat adanya busa atau gelembung yang berlebihan. Itu karena banyaknya protein yang tidak sempurna diproses oleh ginjal. Ini juga tanda utama penyakit ginjal, tingginya kadar protein dalam urine.
  4. Kaki dan tangan bengkak. Ini terjadi akibat menumpuknya sodium di bagian tubuh tersebut, yang menyerap cairan. Sodium menumpuk karena ginjal tidak bisa membuangnya lewat urine.
  5. Kulit gatal. Kegagalan ginjal dalam membuang racun sisa pencernaan membuat racun menumpuk dan menimbulkan gatal-gatal di kulit. Permukaan kulit pun terlihat kusam, kering serta mengalami ruam.
  6. Mual muntah. Sisa buangan yang mengandung racun dan tak mampu diproses oleh ginjal pun menimbulkan rasa mual serta muntah. Ini karena darah sudah tercemar oleh racun tersebut dan tubuh berusaha membuangnya.
  7. Sering kencing. Anda lebih sering terbangun malam hari untuk kencing dibanding saat masih sehat.
  8. Darah bercampur urine. Ketidak mampuan ginjal dalam menyaring kotoran dari darah, membuat darah terkadang turut terbawa dalam urine. Anda bisa melihatnya saat buang air kecil. Jika ini terjadi, segera memeriksakan diri ke pihak medis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5A45B881BFE8D